1. Kelebihan Beban kelebihan beban terjadi karena adanya gas yang telalu
banyak untuk dipompa oleh kompresor sehingga kompresor tidak mampu
memompa lagi mengakibatkan putaran rotor berhenti/pelan dan arus sangat
tinggi mengakibatkan kumparan terbakar dan kompresor rusak.
2. Kehabisan Oli kehabisan oli terjadi karena adanya kebocoran pada
sistem refrigran sehingga oli keluar dari sistem refrigran yang
mengakibatkan mesin berputar tanpa pelumas dan mengakibatkan panas yang
berlebih, panas yang sangat tinggi mengakibatkan kumparan terbakar dan
overload rusak.
3. Arus dan Tegangan arus dan tegangan sangat menentukan kerusakan yang
terjadi pada kompresor, walau pun kompresor baru kalau arus dan tegangan
tidak sesuai dapat mengakibatkan kerusakan, sebab kumparan motor sangat
peka dengan arus dan tegangan.
4. Kapasitor Mati kapasitor adalah alat yang digunakan untuk menggeser
fasa sehingga kutub bantu mempunyai kecendrungan ke kanan atau ke kiri
karena itulah kapasitor sangat berperan penting pada motor kapasitor,
sehingga kalau kapasitor mati rotor tidak dapat berputar karena tidak
mempunyai kecendrungan yang mengakibatkan lilitan terbakar karena
terjadi arus pendek pada lilitan (kompresor 1 fasa dibawah 1/2 PK
menggunakan PTC dan 1/2 PK keatas menggunakan kapasitor, fungsi PTC
hampir sama dengan kapasitor hanya saja PTC tidak menimbulkan pergeseran
fasa hanya memberikan kutub bantu yang muncul beberapa detik saja
sedangkan kompresor 3 fasa tidak menggunakan kapasitor atau PTC)
5. Buntu kebuntuan yang terjadi pada sirkulasi refrigran dapat
menyebabkan kompresor bekerja sangat keras sebab pada pipa tekan,
tekanan menjadi sangat tinggi dan pada pipa hisap menjadi sangat rendah,
hal ini menyebabkan kompresor overload karena kelebihan beban.
Kebuntuan dapat terjadi pada semua bagian sirkulasi refrigran namun yang
paling sering terjadi kebuntuan adalah pada expansi sebab expansi
adalah bagian yang paling kecil jalurnya dibanding yang lain. Kebuntuan
dapat diatasi dengan flasing atau mengganti bagian yang buntu.
6. Salah Pengisian kesalahan pengisian refrigran atau oli dapat
menyebabkan kerusakan pada kompresor, ini karena kompresor dirancang
sedemikian rupa oleh pabrik untuk diisi dengan refrigran dan oli
tertentu saja, jika kompresor diisi dengan refrigran dan oli yang tidak
ada pada ketentuan dapat mengakibatkan komponen-komponen yang ada
kompresor menjadi rusak karena tidak cocok dengan refrigran dan oli.
7. Aus dan karat keadaan kompresor yang sudah tua sering menimbulkan
keausan dan karat hal ini adalah wajar jika kompresor sudah berusia 5-10
tahun. Keausan yang terjadi pada kompresor biasanya pada piston ini
ditandai dengan tidak dinginnya evaporator, arus kecil, tekanan freon
pada pipa tekan dan pipa hisap tidak jauh berbeda. Karat dapat terjadi
pada body kompresor dan dapat menimbukan bocor pada kompresor. Kompresor
yg telah aus atau berkarat sebaiknya diganti.